5 Anime Memorial Dengan Soundtrack Terbaik versi Personal

Selain RCTI, TV7 dan Indosiar yang dulu sering banget muterin anime-anime yahud semacam Dragon Ball, Candy-Candy, Hunter X Hunter, Ranma 1/2, Doraemon dan anime-anime lainnya, kita juga pasti ngga lupa sama Space Toon, yang kalo saya inget lagi ternyata selalu tonton setiap harinya. Tapi sayangnya, channel yang selalu setia muterin anime-anime Jepang (walaupun diulang-ulang mulu) itu harus menghentikan pengudaraannya tatkala secara komersil Space Toon dianggap 'failed'. 

Sayang banget, padahal kalo saya inget-inget lagi banyak banget anime-anime jadul yang diputer Space Toon yang pada akhirnya asli saya kebelet banget jadinya, rasanya ngga nonton satu episode aja udah kayak berdosa berhari-hari (halah!). Selain karena anime jadul itu ceritanya menarik, sederhana (anime jadul jarang ngebahas tentang dunia or something like tech),  dan penggambarannya pun juga ngga kalah menarik seperti sekarang, jangan lupa juga tentang soundtrack-soundtracknya yang sumpah, keren abis! 

Nah, kali ini, saya mau bahas 5 Anime jadul dengan soundtrack terbaik versi saya. 






1. Baby & Me


Be Bad Boy! Yes, be bad boys!

Whoaa... Tiap denger lagu ini rasanya gimanaa gitu. Ada yang masih inget ga dengan anime satu ini? Baby & Me atau yang di Jepangnya dikenal sebagai "Akachan to Boku" ini selalu jadi santapan saya setiap harinya di Space Toon. Mengisahkan tentang perjuangan Takuya dan sang ayah membesarkan Minoru si bungsu tanpa adanya seorang ibu, anime ini sukses bikin saya ketawa-nangis-ketawa-nangis. Anime yang dibuat berdasarkan manga berjudul sama buatan Marimo Ragawa ini sukses dengan kesederhanaan tema namun kompleks. Belum lagi soundtrack-soundtracknya yang asli jempolan banget, meskipun nyatanya cuma ada 1 opening dan dua ending yang mengisi anime ini. Opening dinyanyikan oleh Kenji Kohashi berjudul B.B.B (Be Bad Boy), Ending pertama berjudul You dinyanyikan Sachiko Kumagai, dan Ending ke dua berjudul Rouge ni Naritai dinyanyikan Miyuki Kajitani, tiga lagu itu adalah lagu paling memorial yang selalu ada di handphone saya. 

2. Cooking Master Boy

Inget dengan anime yang mengusung tema kuliner ini? Berkat anime ini juga saya jadi pinter masak #halah
Meskipun kadang-kadang penggambaran anime ini agak 'lebay', tapi nyatanya anime ini juga keren. Dari anime ini juga dibahas 'fakta' tentang dunia masak-memasak, yang pastinya juga bisa nambah wawasan kita. 
Selain menariknya tema yang dibawakan, soundtrack-nya pun juga ngga kalah menarik. Opening berjudul Sora yang dinyanyikan Maki Ohguro, ending pertama berjudul Aoi ni Sora ni Deaetta dinyanyikan Minami Kuribayashi, ending kedua oleh Kaori Nanao berjudul 'Minerals' dan terakhir Kaze no You Ni Jiyuu yang dinyanyikan Keiko Utoku ini juga setia nemenin saya setiap harinya. 

3. Slam Dunk 

Hanamichi Sakuragi! Yeah.. Slam Dunk adalah manga+anime tentang basket yang paling saya gandrungi dibanding manga lain semacam Harlem Beat. Tingkah ladeknya Hanamichi itulah yang boleh dibilang jadi magnet buat saya suka sama manga+anime satu ini. Soundtracknya pun ngga kalah ladeknya. Openingnya, Kimi ga Suki da to Sakebitai oleh BAAD,  Zettai ni Dare Mo oleh Zygg. Endingnya, Anata Dake Mitsumeteru oleh Maki Ohguro, Sekai ga Owaru Made Wa oleh WANDS, dan Kirameku Toki ni Torawarete oleh Manish juga masih keren untuk didengarkan saat ini. 


4. Rurouni Kenshin


Batossai se pembantai! Waaaahhhh~~!! 
Kalo kalian pecinta anime, harusnya hapal di luar kepala sama semua soundtrack-soundtrack dari anime ini! Dan, Rurouni Kenshin juga adalah anime 'keramat' saya yang secara ngga sengaja ngenalin saya sama musisi visual kei rock Jepang. Macam The Yellow Monkeys, Siam Shade, L'Arc~en~Ciel, T.M Revolution. Belum lagi penyanyi-penyanyi Jepang populer lainnya macem Bonnie Pink, Curio, Judy & Mary, dan Mayo Suzukaze. Makanya, kurang dewa apalagi anime ini? Udah populer, soundtrack-soundtracknya keren, ngga salahlah sampe dibikin versi live actionnya (meski menurut saya kurang eksekusinya). 


5. Hunter x Hunter

Mimpi saat terjaga kan membawa keesok hari yang tak pasti merry go round goo...

Yups. Tunjuk tangan siapa pecinta anime yang ngga pernah nunggu-nunggu jam 4 dateng lebih cepet karena mau nonton anime ini? Hunter x Hunter. Salah satu anime jadul dengan soundtrack-soundtrack terbaik yang pernah ada. Walaupun versi Indo lebih suka muterin soundtrack versi Indonesia-nya tapi tetep aja ngga ngubah anime ini jadi sesuatu yang jelek. Buktinya? Banyak banget yang download versi Indonesia dari lagu Ohayou dan Kaze no Uta. Emang keren sih lagunya..



Postingan Populer