Duet J-Pop Terbaik (Personal Choices)

Diantara banyaknya penyanyi-penyanyi solo berkualitas yang membludak di Jepang, sebagian dari mereka bahkan 'berani' memperparah peningkatan kualitas mereka dengan cara berduet dengan musisi lain. Hasilnya?

Acungan jempol layak diberikan untuk mereka yang cukup berhasil membuat lagu yang mereka bawakan terlihat berbeda, meskipun genre lagu yang mereka nyanyikan nyatanya sama dengan tipikal-tipikal lagu yang mereka nyanyikan secara solo. 

Mau tahu lagu-lagu duet J-Pop terbaik pilihan saya? Check it out, please!



* Kana Nishino feat Nerdhead - Braveheart
Lagu duet terbaik pertama yang saya cantumkan adalah lagu duet Kana dengan Nerdhead. Lagu pop yang berbalut iringan rap Giorgio ini sempat 'bertengger' lama di playlist saya. Video klip dan lirik lagu ini pun nyatanya punya pesan yang kuat, terutama bagi kita yang 'sering terjatuh', agar semangat untuk bangkit. 

* UTADA feat Ne-Yo - Do You
Saya benar-benar excited untuk menunggu lagu ini dirilis. Bayangan penyanyi J-pop favorit saya, Utada Hikaru yang berduet maut dengan Ne-Yo yang juga saya kagumi selalu berkelebat di angan saya. Dan hasilnya? Lagu patah hati bergenre RnB mereka sukses menggembirakan saya. 'I just wonder, do you ever think of me anymore. Do you?'

* Aoyama Thelma feat De Marco - Never Let You Go
Yup. Duet berbeda negara yang sebenarnya agak saya khawatirkan pertamanya. Meskipun Thelma sukses besar untuk lagu Koko ini Iru Yo/Soba ni Iru Ne - duetnya dengan SoulJa, tapi itu tidak berarti bahwa kolaborasinya dengan penyanyi lain, apalagi yang berbeda negara pasti sukses. Tapi pikiran negatif saya akhirnya tertendang jauh saat saya mendengarnya. Dan kolaborasi Thelma dengan musisi asal Jamaika itu bisa saya katakan sebagai kolaborasi terbaik Thelma, versi saya tentunya.

* Kumi Koda feat Fergie - That A'int Cool
Seneng banget rasanya waktu tahu kalau satu-satunya  personil perempuan di The Black Eyed Peaas, Fergie, berkolaborasi dengan si ero-kakkoi Jepang Kumi Koda. Lagu yang 90%nya menggunakan bahasa Inggris dan 10%nya menggunakan bahasa Jepang ini juga sempat lama saya dengarkan setiap hari. "I'm not your mommy so say sayonara.."

* Shota Shimizu X Miliyah Kato - Forever Love
Lagu duet pertama milik Shota Shimizu X Miliyah Kato yang saya denger via Audition. Pasangan duet yang belum lama ini merilis single 'Love Story' ini sama-sama musisi RnB. Semenjak saya mendengar lagu Forever Love mereka, saya pun seakan enggan ketinggalan berita tentang rilisan baru mereka. Dan akhirnya, lagu-lagu duet mereka seperti Believe, Love Story, dan lagu-lagu lainnya pun jadi track favorite di playlist saya.

*  Aoyama Thelma feat Tae Yang of Big Bang - Fall In Love
Lagu dengan lirik berbahasa Jepang yang fasih dinyanyikan dance machine Big Bang, Tae Yang ini menempati posisi ketiga untuk kolaborasi terbaik milik Aoyama Thelma.  Dan setidaknya, Thelma juga mampu mencuri perhatian beberapa VIP dengan lagu ini. Good Job, Thelma~! 

* Kumi Koda feat Tohoshinki - Last Angel
Ima sugu ni come on tonight~~ Hah.. INI ADALAH LAGU KOLABORASI TOHOSHINKI YANG PALING SAYA TUNGGU-TUNGGU!! Bukan apa-apa. Tapi, kelima member super boyband Tohoshinki ini hampir jarang berduet dengan siapapun. Kalau pun mereka berduet, bisa dipastikan bintang duetnya adalah anggota sesama agensi mereka, SME, dan pada akhirnya, jauh setelah single Last Angel dirilis, barulah tawaran duet dari M-flo didapat. Jadi, lagu ini punya alasan yang  sangat jelas untuk  saya nantikan. Lagu ini pun menjadi soundtrack Resident Evil khusus di Jepang. 

* Yuuya Matsushita feat Sista - Koe ni Naranakute
Lagu duet suami(?) saya dengan duo cewek Jepang, Sista ini adalah lagu kolaborasi pertamanya yang tidak pernah terbersit oleh saya sama sekali. Pasalnya, Yuuya lebih  dikenal sebagai solois. Dan sepenglihatan(?) saya, Yuuya cukup nyaman untuk bersolo ria. Ya walaupun saya cukup bahagia meski sebenarnya hati saya teriris melihat PV-nya (apa deh). Tapi secara keseluruhan, lagu ballad ini cukupn menyita perhatian saya. Belum lagi track lain Yuuya, masih dengan Sista tentunya yang berjudul 'First Snow'. Saya rekomendasikan lagu ini untuk kalian semua. 

* Aoyama Thelma feat SoulJa - Koko ni iru Yo/Soba ni iru ne
Ngga lengkap rasanya membuat list kolaborasi J-Pop terbaik tanpa memasukkan track ini kedalamnya. Lagu yang katanya diplagiat oleh salah satu band Indo ini sukses menorehkan prestasi mereka sebagai salah satu lagu yang paling banyak terjual untuk versi digitalnya. Semenjak duet lagu inilah SoulJa boleh dikatakan juga semakin 'lengket' berduet dengan Thelma.

* M-Flo feat melody, Ryohei - Miss You
Lagu duet terbaik antara M-Flo, melody dan Ryohei~! 'DJ - Play that music louder, onegai..'. Apa jadinya saat suara merdu melody si cantik jelita nan populer di Jepang bertemu dengan rap a la Verbal dan Ryohei serta beat-beat keren Taku? Jawabannya adalah 'MISS YOU'! Kalau harus di-rating, maka saya akan memberikan rating 10 untuk lagu ini. Lagu easy listening yang bahkan disukai ibu saya ini pun pasti akan 'memaksa' kamu untuk belajar nge-rap a la Verbal. 

- M-Flo loves Yoshika - Let Go
Kalau sebelumnya lagu Miss You merupakan lagu kolaborasi bernuansa ear catchy, pop dan RnB, lain halnya dengan lagu Let Go yang merupakan kebalikannya. Lagu balada ini menawarkan suara jernih Yoshika yang bernuansa mellow juga rap-rap kecil Verbal. Tapi yang pasti, sama seperti lagu Miss You, kamu pun akan menyukai lagu ini. 

- Sowelu feat KG - Kokomo Sokomo
Kokomo Sokomo adalah salah satu track milik Sowelu yang saya nikmati sampai saat ini. Suara lembut si ero-kakkoi kedua Jepang ini terdengar apik saat beradu dengan suara ciamik  Koh.  

- M-flo feat Monkey Majik - Picture Perfect (Love)
Jujur. Saya lebih suka versi Picture Perfect dibanding Picture Perfect (Love). Tapi selama yang menyanyikannya adalah Blaise, saya tidak akan keberatan. Lagu ini easy listening banget. Teman-teman saya hampir semuanya selalu mengangguk-anggukkan kepala kecil saat saya memutar lagunya. Lagu yang hampir didominasi lirik bahasa Inggris ini pastinya lebih mudah diterima kaum awam dibanding lagu-lagu J-Pop lainnya yang notabene berbahasa Jepang. 

- Shota Shimizu feat Double - Oyasumi no Kiss Wo
Lagu yang sering saya jadikan pengantar tidur ini cocok buat kalian yang lagi dirundung asmara #duile Lirik penuh arti serta musiknya yang bernuansa pop ini saya rekomendasikan untuk menjadi salah satu track yang harus terseliip di playlist kalian. 


Dan selain lagu-lagu diatas, ada baiknya juga kamu mencoba lagu-lagu ini:

* Jejung & Yuchun feat M-Flo - Been So Long
* Sowelu feat Verbal of M-Flo - Never
* Azu feat Seamo - Jikan Yo Tomare
* Nerdhead feat Tiara - Bye Bye
* Shota Shimizu feat D - One Love 
* Monkey Majik feat RAVEX - One More Night
* Namie Amuro feat RAVEX - ROCK U
* Yuuya Matsushita feat SHUN, Bright - Secret Love
* Toko Furuuchi feat KREVA - Slowbeat
* ISSAxRola feat SoulJa - I Hate You
* Hiromi feat Nao'ymt - Oh! Oh!


Postingan Populer