[REVIEW] xTRiPx - Any Verse

Yah, telat satu minggu sih dari tanggal rilisnya *Yoshito: Penggemar macam apa kamu ini?!*, tapi daripada ngga dibahas sama sekali, mending dibahas sekarang,'kan? #ngeles

Whoaaaaa~~!!! Ena! Kau membunuhkuuuuuuuuuu~~!!! #lebaymode



Sa, album yang dirilis dalam dua edisi ini menyelipkan beberapa track dari single-single yang sebelumnya dan juga beberapa track baru. Layaknya album, track pertama mereka diisi oleh track intro berjudul 'Anniversary'. Intro-nya agak terdengar 'gloomy' di awalnya, tapi memasuki menit ke 1: 15, berubah jadi sedikit cepat.

Lanjut ke track berjudul sama dengan albumnya, Any Verse digadang menjadi main track untuk album mereka. Hampir sama seperti tipikal lagu mereka di single-single sebelumnya, tapi yang saya suka di track ini adalah tabuhan drum Ena yang rasanya bener-bener 'on fire'. Ada juga selipan scream a la Yoshit, yang saya rasa jauh lebih banyak dibanding sebelumnya. Nice one. Track ke tiga diisi oleh Three Minutes Little Story, yang berasal dari single Rest In Peace yang dirilis tahun 2012. Buat saya, ngga ada perubahan yang signifikan secara keseluruhan untuk track ini. 

Lompat ke track empat yang juga diambil dari single mereka sebelumnya ditahun 2010, Astrovibes, namun diberi embel-embel 'album version'. Err, saya ngga begitu ngerti kenapa dikasih embel-embel itu, karena menurut saya track ini ngga ada bedanya sama sekali. Lanjut track ke-5, Cross Over. Nuansa Pop-Rock, dan jangan lupa, kekhas-an a la  xTRiPx, electro juga rap juga terselip di track ini. Bukan track yang spesial buat saya, tapi lumayanlah. 

Track ke 6, Classic. Sesuai dengan judulnya, nuansa klasik juga bisa kamu dengar di lagu ini.Bunyi saksofon yang saya dengar dan juga suara Yoshit yang saya rasa pas di lagu ini cukup menjadi alasan buat saya untuk menjadikan Classic sebagai track pertama yang saya sukai dari album ini. 

Track ke 7, lagi-lagi selipan dari single mereka, Dream Catcher. Aih, jujur. Saya jadi agak 'bored' mencapai track ini. Bukan apa-apa, tapi karena saya pernah ngerasain euforia untuk lagu ini hampir empat taun yang lalu. 

Get Up Again, lagu ke-8 dengan genre rock yang cukup heavy dengan growl a la Yoshit, yang sayangnya, ngga begitu narik perhatian saya sama sekali. Skip, la..

Track Ke-9, Be Alive. Agaaaiiinn. Cuma ada sedikit perubahan tempo dibanding dengan versi RIP. Let's leave. 

Berikutnya, Lily (album version). Intro lagunya bagus, sih. Tapi sayangnya saya (lagi-lagi) masih lebih suka versi single. Maap.. 

Track ke 11, Past<Future. Lagu bertempo lambat ini jadi 'sesi penenang' setelah hampir sebelumnya lumayan riuh growl, scream dan sebangsanya milik Yoshit. Bolehlah.

 Dua track setelah Past>Future, ada Re-lily dan Against. Jujur untuk yang ke-sekian kalinya, saya lebih suka versi single. 

Dan yang terakhir, Milky Way versi remix DJ 6 - Six. Awalnya saya agak surprised, karena clapping hands dan juga ada sedikit unsur hip-hop. Saya pikir, Milky Way, lagu xTRiPx yang paling catchy buat saya itu, bakal di-remix jauh sama versi single-nya. Tapi ternyata, me-le-set T__T. Ngga ada perubahan yang bikin lagu itu berbeda, disamping cuma tempo lagunya yang lebih slow dibanding versi sebelumnya dan juga dentingan piano yang saya denger. 


Overall, agak kecewa juga dengan album yang saya tunggu-tunggu pake BANGET ini. Komposisi lagu lama sama lagu mereka ngga sebanding. Kenyataan kalau sound mereka jauh lebih bagus untuk semua versi single dibanding album ini pun terpaksa saya benarkan. Belum lagi embel-embel 'Album Version' yang mereka tambahkan di beberapa track juga tidak membuat saya merasa 'wonder' karena suaranya tetap saja terdengar sama untuk saya, alih-alih memang ada perubahan tempo di setiap lagu. Alhasil, apa yang saya dapat dari album ini cuma mindset kalo xTRiPx ini berada di tengah 'stuck' yang terllihat dan pasti bisa didengar semua penggemarnya. 

Tapi biarpun album ini tidak bisa menghadirkan esensi spesial untuk saya, saya tetap berharap pada Yoshit, Ena dan K. Harapan saya untuk xTRiPx ke depan lagi-lagi jatuh pada single baru mereka. Semoga saja, meskipun saya belum tahu kapan, single yang membawa lagu-lagu terbaru khas xTRiPx bisa saya dengar lagi, sesegera mungkin.


Amin.  

Postingan Populer