xTRiPx - Band Indie Rock Potensial Yang (Tak) Dihiraukan

Ah.. Judulnya sesuatu banget ya?
#ditampolsahrini

Bahasan kali ini adalah tentang band rock indie jepang bernama xTRiPx (baca: eks-trip-eks) yang udah ada sejak tahun 2003 tapi baru berhasil ngeluarin single mereka di tahun 2005.

Ini foto waktu jaman Astrovibes, masih lengkap berlima



Let's think. Saya berpikir kalo band ini under-rated. Dari tahun 2007 sampai tahun 2013 ini, saya cuma nemu 3 temen seperjuangan(?) yang tahu ditambah pernah (pernah, lho. bukan selalu) denger lagu mereka. Padahal, temen seperjuangan yang saya kenal di fb itu lebih dari 1000 orang! Takjub beneran, dah..

Dalam hal ini, kalah pamor sama Alice Nine. SWT (=,=")
(Note: Saya ngga benci Alice Nine, yaa. Masa iya saya benci suami saya sendiri? #tudingtora xDD 

Yah, meskipun harus diakui. Personel Alice Nine itu sebenernya bukan orang-orang baru di bidang musik, karena sebelum ngebentuk Alice Nine pun mereka udah jadi roadie band gawangan mereka sebelumnya. 

Tapi.. tapi.. 
GUE NGGA BISA TERIMA!

Skill personel xTRiPx juga ngga kalah kok. Mereka justru band indie yang, menurut gue, cukup berani dengan jalur musik yang dipilih. Mereka ngga cuma bermusik didalam genre yang mereka kuasai, atau istilah kerennya, mereka sanggup berpikir 'out of the box'. 

Ngga percaya? Buktiin aja sendiri. Denger lagu-lagu mereka. Boong banget namanya kalo kalian ngga kepincut. Contohnya aja, ya. Milky Way, I miss U, Yours Only, Limpid, Innovation[re]isM, Double, Free Style Anthem, Intro Vibes, Astrovibes, Clever Monkey, Glitter, Trust, Over, re-lily, Promised Star en masih banyak lagi yang seharusnya kalian cari setelah denger lagu-lagu diatas. 

xTRiPx adalah band yang saya lihat paling sering nyampur-aduk lagu mereka dengan rap. Jarang lho band visual nyisipin rap-rap di dalam lagu mereka (kebanyakan band yang khas dengan bumbu ini adalah band  lagu-lagu rock macem dari band One OK Rock atau kalo ngga ya Rookiez is Punk'd). Terkadang mereka juga main efek synthesizer yang mumpuni  tapi ngga bikin lagu mereka kedengeran aneh (ini serius, lho! ada juga band jepang yang terlalu ahli(?) atau malah terlalu gimanaa dengan percaya diri tingkat dewa make efek synthesizer tapi efeknya kagak karuan! Itu lagu beneran sampah banget. Ngga bisa didenger manusia normal!)

 Easy listening, catchy, ballad, rock, electro-pop, BISA! 
Maka dari itu, agak heran juga kenapa mereka kok under-rated, apalagi di Indonesia.. 
(Bukan apa-apa ya.. kadang gue suka kadung kesel sama orang yang dengan dewanya ngaku suka jejepangan tapi cuma tau lingkup JAPANESE ROCK= the GazettE = L'Arc~en~Ciel doang. kalo seenggaknya ada 10 band yang dia tahu, ngobrol pun masih enak bawa alurnya kemana. Lha ini band yang dia tahu paling banter cuma dua band itu, dan lagi sama kayak demam K-Pop, bikin nama profil panjang ngalay ngga karuan bikin mata sakit. Mending huruf semua, emang dasar alay ada angkanya lagi! Ini nih tanda-tanda negatif kalo Jepang jadi mainstream di Indonesia (+_+) 

JEPANG BUKAN CUMA THE GAZETTE ATAU LARUKU DOANG KALI! 

Masih banyak band jepang berpotensial yang bisa kita ikutin. Masih banyak band-band jepang berbakat lainnya yang punya skill mumpuni tapi belum terjamah perhatian kita. Sub-title diatas bukan buat posisi saya frontal. Saya demen Laruku, banget malah karena lagu mereka adalah lagu jepang pertama yang saya denger dan bikin saya terjerumus dalam arus musik jepang. Saya pun cinta the GazettE. Mereka emang band fenomenal yang cukup ngerti mainstream hardrock-metal jepang sana. Lagu-lagu mereka juga sering jadi penyemangat, micu adrenalin saya saat saya bener-bener ngerasa 'down' dan harus ngeluarin semuanya dengan cara nyanyi lagu mereka sekeras mungkin dan menghayatinya. That's the truth. 



Fenomenal? 
Emangnya gue si jambul khatulistiwa..
(=w=)d

Postingan Populer